MANUSIA DAN TANGGUNG JAWAB

A .Pengertian Tanggung  Jawab

Tanggung jawab menurut kamus umum bahasa Indonesia adalah suatu keadaan wajib menanggung segalanya. Sehingga menurut kamus umum bahasa Indonesia, tanggung jawab adalah berkewajiban menanggung, memikul jawab, menanggung segala sesuatu, atau memberikan jawab dan menanggung akibatnya.

Tanggung jawab adalah kesadaran manusia akan tingkah laku atau perbuatannya yang disengaja maupun tidak disengaja. Tanggung jawab juga berarti berbuat sebagai perwujudan kesadaran akan kewajibannya. Apabila dikaji, tanggung jawab itu adalah kewajiban atau beban yang harus dipikul atau dipenuhi sebagai akibat dari perbuatan pihak yang berbuat, atau sebagai akibat dari perbuatan pihak lain, atau sebagai pengabdian, pengorbanan pihak lain.

B .Macam – macam Tanggung jawab

Tanggung jawab itu dapat dibedakan menurut keadaan manusia atau hubungan yang dibuatnya.  Beberapa jenis tanggung jawab yaitu

1 .Tanggung jawab terhadap diri sendiri

Tanggung jawab terhadap diri sendiri menuntut kesadaran setiap orang untuk memenuhi kewajibannya sendiri dalam mengembangkan kepribadian sebagai manusia pribadi.

Contoh : Budi tidak belajar padahal esok hari akan ada test. Ia malah bermain bersama teman-temannya. Akhirnya ketika tiba waktu ulangan, Budi tidak dapat mengerjakan semua soal dengan benar. Dan ia pun mendapatkan nilai merah dirapornya sehingga ia harus mengulang kelas. Konsekuensi dari mengulang kelas merupakan tanggung jawab sendiri akan kesombongannya.

2 .Tanggung jawab terhadap keluarga

Keluarga merupakan masyarakat kecil. Keluarga terdiri dari suami-isri, ayah-ibu dan anak-anak, dan juga orang lain yang menjadi anggota keluarga. Tiap – tiap anggota keluarga wajib bertanggung jawab kepada keluarganya. Tanggung jawab ini menyangkut nama baik keluarga. Tetapi tanggung jawab juga terhadap kesejahteraan, keselamatan, pendidikan dan kehidupan.

Contoh : Seorang ayah yang rela bekerja keras dari pagi hingga malam demi memenuhi kebutuhan anak-istrinya.

3. Tanggung jawab terhadap masyarakat

Pada hakekatnya manusia tidak bisa hidup tanpa bantuan manusia lain, sesuai dengan kedudukannya sebagai makhluk sosial. Karena membutukan manusia lain maka ia harus berkomunikasi dengan manusia lain tersebut. Sehingga dengan demikian manusia disini adalah anggota masyarakat yang tentunya mempunyai tanggung jawab seperti anggota masyarakat yang lain agar dapat melangsungkan hidupnya dalam msyarkat tersebut. Maka wajar saja apabila segala tingkah laku dan perbuatan harus dipertanggung jawabkan kepada masyarakat.

Contoh : Setiap warga wajib ikut dalam ronda demi terciptanya keamanan dan kenyamanan dalam lingkungan masyarakat.

4 .Tanggung jawab terhadap Bangsa dan Negara

Tiap manusia dan tiap individu adalah warga negara dalam suatu negara. Dalam berpikir, berbuat, bertingkah laku manusia terikat oleh norma – norma atau aturan – aturan yang dibuat oleh negara. Manusia tidak bisa berbuat seenaknya sendiri. Jika perbuatan manusia itu salah, maka ia harus bertanggung jawab terhadap negara.

Contoh : Jamal telah terbukti melakukan kasus pembunuhan berencana maka ia pun harus mempertanggung jawabkan kesalahannya tersebut sesuai dengan peraturan hukum yang ada pada negara Indonesia yaitu hukuman mati atau penjara seumur hidup.

5 .Tanggung jawan terhadap Tuhan.

Tuhan menciptakan manusia di bumi ini bukanlah tanpa tanggung jawab, melainkan untuk mengisi kehidupannya manusia mempunyai tanggung jawab langsung terhadap Tuhan. Sehungga segala tindakan manusia tidak terlepas dari hukuman-hukuman atau aturan – aturan Tuhan yang dituangkan di berbagai kitab suci melalui berbagai macam agama. Bila manusia melakukan pelanggaran maka Tuhan akan memperingatkan dengan hukuman yang keras tetapi jika manusia tersebut masih menghiraukan peringatan dari Tuhan maka Tuhan akan melakukan kutukan. Dengan mengabaikan perintah – perintah Tuhan berarti meninggalkan tanggung jawab yang seharusnya dilakukan manusia terhadap Tuhan sebagai pencipta, bahkan untuk memenuhi tanggung jawabnya, manusia perlu pengorbanan.

Contoh : setiap umat muslim wajib melaksanakan puasa selam 1 bulan apabila telah datang bulan suci Ramadhan. Hal tersebut dilakukan sebagai wujud dari menaati perintah/aturan yang telah diperintahakan oleh Allah SWT.

C .Pengabdian

Pengabdian adalah perbuatan baik yang berupa pikiran, pendapat ataupun tenaga sebagai perwujudan dari cinta, kasih, kesetiaan, kasih sayang, hormat, atau satu ikutan dan semua itu dilakukan dengan rasa ikhlas. Pengabdian itu hakekatnya adalah tanggung jawab. Apabila ada orang bekerja keras demi memenuhi kebutuhan keluarganya, maka itu dsisebut pengabdian terhadap keluarga. Tetapi lain halnya bila kita membantu teman yang sedang kesulitan hingga berhari-hari, hal tersebut bukanlah pengabdian melainkan hanya bantuan saja.

Contoh pengabdian dalam kehidupan sehari-hari yaitu

D .Pengorbanan

Pengorbanan berasal dari kata korban atau kurban yang berarti persembahan, sehingga pengorbanan berarti pemberian untuk menyatakan kebaktian. Dengan demikian pengorbanan yang bersifat kebaktian itu mengandung unsur keikhlasan yang tidak mengandung pamrih. Suatu pemberian yang didasarkan atas kesadaran moral yang tulus ikhlas semata-mata.

E .Macam – macam Pengorbanan

1 .Pengorbanan Tehadap Tuhan/Agama

2 .Pengorbanan Terhadap Bangsa/Negara

3 .Pengorbanan Terhadap Masyarakat

4 .Pengorbanan Terhadap Keluarga

5 .Pengorbanan Terhadap Diri Sendiri

F .AKIBAT DARI PENGORBANAN

Pengorbanan merupakan akibat dari pengabdian. Pengorbanan dapat berupa harta benda, pikiran, perasaan, bahkan dapat juga berupa jiwanya. Pengorbanan diserahkan secara ikhlas tanpa pamrih, tanpa ada perjanjian, tanpa ada transaksi, dan kapa saja diperlukan.

G . Studi kasus

Kadang untuk mendapatkan sesuatu yang kita inginkan dibutuhkan suatu pengorbanan, entah itu pengorbanan kecil maupun besar. Seperti contoh dalam suatu kasus, Jefri ingin mendownload film tetapi ia tidak mau pergi ke warnet. Agar ia mendapatkan film tersebut maka ia menggunakan fasilitas wi-fi dikampus tetapi ia mengorbankan banyak waktu untuk mendownloadnya.

About these ads
Categories: Tugas | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com. The Adventure Journal Theme.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: